Pembentukan Pulau Sulawesi

Pada mulanya, konon, bumi hanya terdiri dari satu benua yanng disebut “Pangea”. Benua yang hanya satu-satunya ini kemudian pecah menjadi dua bagian pada sekitar 240 juta tahun yang lalu. Dua bagian ini disebut benua Laurasia di sebelah utara, dan benua Gondwana di sebelah selatan.

Seiring dengan berjalannya waktu, Gondwana lalu pecah lagi menjadi beberapa bagian; salah satunya merupakan cikal bakal benua Australia yang sekarang. Dari cikal bakal benua Autralia ini selanjutnya pecah lagi menjadi potongan-potongan kecil yang terombang-ambing kesana-kemari sebelum akhirnya membentuk pulau Sulawesi pada kira-kira 26 juta tahun yang lalu.

Potongan-potongan kecil dari benua Australia yang hanyut kesana-kemari inilah yang menjadi pulau Sulawesi Barat (semenajung utara dan selatan sekarang) dan Sulawesi Timur (semenanjung tenggara dan selatan).

11 Tanggapan to “Pembentukan Pulau Sulawesi”

  1. kipli Berkata

    Dari mana sumber artikel in? Ada yang lebih lengkap tidak?

  2. Contardo Rendra Berkata

    Menarik nie mas artikelnya….
    Trus kalo pulau jawa dari pecahan yang mana mas?

  3. Danil Berkata

    palukkaAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA…………………………….

  4. fiqieh Berkata

    Saya tidak sependapat dengan wacana di atas. mengenai pembentukan pulau sulawesi ini harus di teliti lebih jauh lagi. sebagai contoh flora dan fauna yang ada di pulau sulawesi tidak banyak bisa di temui di tempat lain. ada beberapa contoh yaitu pertama “Babi Rusa” hewan ini tidak dapat di temukan di benua australia,hewan ini cuma ada satu di dunia ini. adanya di pulau sulawesi, contoh lain lagi “Tarsius” hewan ini tidak di temukan di tempat lain di belahan dunia manapun.
    coba kita ambil contoh lagi hewan yang ada di benua australia yang terkenal yaitu “Kanggoro” bukan cuma di australia nyatanya banyak di temui di papua nugini dan irian jaya. begitu juga sebaliknya hewan yang ada di irian bisa di temukan di benua australia. dan satu contoh lagi yang harus kita ingat bahwa di australia pernah di temukan fosil komodo.
    Kesimpulannya kita harus meneliti lagi apakah benua australia itu adalah sebuah Benua??
    dan apakah Pulau Sulawesi adalah sebuah Pulau???

    Sekian dan terima kasih, semoga ini menjadi bahan pertimbangan kita.

  5. hendra Berkata

    menarik sekali artikel ini,,,tapi saya masih kurang ngerti,,,kalau memang pulau sulawesi pecahan dari benua australia mengapa jenis hewan yang berada di pulau sulawesi berbeda dengan di benua australia begitu pun sebaliknya!!!padahal menurut artikel in pulau sulawesi dan benua australia dulunya satu rumpun…

    • fiqieh Berkata

      justru itu yang saya maksudkan pak hendra. kita harus melihat kesamaan benua australia dan pulau irian. kesamaan pulau sumatera,kalimantan, dan negara tetangga kita yang ada di asia tenggara.
      yang saya maksudkan kita harus melihat kembali apakah pulau sulawesi ini adalah pulau ataukah benua, dan saya berpendapat kalau Bumi ini terdapat 7 Benua dan benua yang ke-7 adalah Benua Sulawesi.

  6. abdullah rasjid Berkata

    kayaknya perlu kejelasan tentang artikel ini.

  7. abdullah rasjid Berkata

    kalau artikel diatas tidak benar, trus dari mana pulau sulawesi berasal?

  8. ABG Berkata

    setau saya pulau sulawesi itu terbentuk dri kumpulan dari pecahan lempeng asia & australia. Akibat terakumlasix beberapa lemeng tsb, shg ltologi (baca : batuan) disulawesi yg terbentuk menjadi sangat kompleks. Para pakar geologi bisa mengetahui umur batuan penyusunnya, yang kmudian membuat simulasi terbentuknya pulau Sulawesi.

    Ada pula pendapat yg mengatakan terbentuknya akibat spreading (atau pemekaran) dari kalimantan. Bisa dilihat dari bentuk morfologi pd tepi timur kalimantan & tepi barat sulawesi (spt main puzzle lah). Litologi penyusun kedua pulau sebagian ada beberapa kemiripan, misal mengenai keberadaan batubara & migas dikalimantan melimpah yang kemungkinan disulawesi jg memiliki potensi tsb.

    Msh banyak alasan lainnya ko.
    Mungkin ada yg mo nambahkan atau meralatx. :D

  9. alam sulawesi Berkata

    Saya sependapat dengan Mas/Mbak ABG.

    Menurut saya, tulisan di atas hanyalah sepeggal cerita bagaimana Pulau Sulawesi terbentuk. Seperti pada paragraf pertama disebutkan bahwa “Pangea” kemudian pecah menjadi dua bagian “Laurasia” dan “Gondwana”, yang kemudian yang ceritakan lebih lanjut di sini hanyalah Gondwana (yang membawa unsur-unsur Australia).

    Lantas bagaimana dengan Babirusa dan Tarsius seperti kata Bung Figieh?
    Nah, disinilah kelengkapan cerita, yang barangkali belum sempat diceritakan oleh penulisnya di sini.

    Laurasia, inilah bagian yang belum sempat diceritakan, yang membawa unsur-unsur Asia dalam proses pembentukan Pulau Sulawesi. Kita kemudian mengenal satwa yang namanya Anoa (Bubalus spp.) dan Monyet (Macaca spp.) yang ada di Sulawesi.

    Mohon maaf jika ada kekeliruan dalam kemontar saya. Ada baiknya jika anda yang tertarik dengan roses terbentuknya Pulau Sulawesi bisa membaca buku “The Ecology of Sulawesi” karyanya Anthony J. Whitten dkk. Terbitan Gajah Mada University Press (1987).

    Anda juga bisa melihat bagaimana proses pergerakan lempeng-lempeng Sulawesi di sini http://sulawesibiodiversity.wordpress.com/2007/02/05/sulawesi-dari-masa-ke-masa/

  10. funky Berkata

    bagus,bagus,bagus & bagus banget lah,,,,!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: